Belajar tentang Geologi berarti mempelajari masa depan BUMI kita !!! SATU HATI SATU BUMI

Selasa, 27 Desember 2011

0 Contoh Model Atom

1. OLIVIN

    Olivin adalah nama untuk serangkaian mineral dengan, rumus M2SiO4 mana M adalah paling sering Fe atau Mg. Fayalit (Fe2SiO4) dan forsterit (Mg2SiO4) membentuk larutan padat substitusi di mana atom zat besi dan magnesium dapat digantikan satu sama lain tanpa secara signifikan mengubah
struktur kristal. Seperti disebutkan sebelumnya, terdapat ketidaksesuaian ukuran hanya sekitar 7% antara Mg2 + dan Fe2 +, larutan padat begitu lengkap antara dua elemen yang diamati dalam olivin.
     
  Olivin memiliki struktur ortorombik. Satu set khas parameter kisi untuk komposisi yang tidak
ditentukan adalah: a = 0,49 nm, b = 1,04 nm, c = 0,61 nm. Struktur terdiri dari terisolasi SiO44-tetrahedral, yang diselenggarakan bersama oleh kation M menempati dua jenis situs oktahedral (M1 dan M2). Para tetrahedral titik yang terisolasi secara bergantian atas dan ke bawah di sepanjang baris paralel dengan sumbu z-.

      Atau, struktur dapat digambarkan sebagai array dekat-dikemas sekitar heksagonal anion oksigen, dengan M kation menempati setengah dari situs oktahedral, dan Si kation menempati seperdelapan dari situs tetrahedral. Jika kemasan dekat heksagonal yang ideal, situs M1 dan M2 akan rutin oktahedra, dan identik dalam ukuran, tapi karena kemasan yang tidak ideal, situs M2 adalah sedikit lebih besar dan lebih terdistorsi disbanding M1.

Pandangan rencana struktur diproyeksikan sepanjang sumbu x ditampilkan di bawah.



















2. PYROXENE













Dalam kasus mineral piroksen(Inosilicates) yang tetrahedral terkait untuk membentuk sebuah rantai di mana dua oksigen dari setiap unit tetrahedral dibagi oleh tetrahedral yang berdekatan. Oksigen berbagi semua terletak pada garis yang sama. Berdekatan tetrahedral dalam menghadapi rantai dalam arah yang berlawanan bila dilihat 'ke bawah' dalam satu arah normal terhadap garis oksigen bersama, tapi atas wajah semua dalam arah yang sama bila dilihat 'dari sisi' di arah lain normal untuk garis oksigen bersama . Dalam hal ini jumlah atom oksigen sekitar dua atom Si (8 muatan positif) dari tetrahedra yang berdekatan sama dengan 6 (= 12 muatan negatif) daripada 8 seperti dalam kasus olivin berdekatan tetrahedra. Kekurangan muatan dari 4 unit biaya yang dibuat oleh 1 atom Ca dan Mg satu atau Fe dalam kasus clinopyroxene, atau 2 atom Mg atau Fe dalam kasus orthopyroxene

FeedLangganan Artikel Terbaru Belajar Geologi via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bertatakrama, SALAM GEOLOGI !!

 

BELAJAR GEOLOGI Copyright © 2013 - |- Template created by jametz - |- Powered by Engineering Geology

SELAMAT BERBAGI ILMU