Belajar tentang Geologi berarti mempelajari masa depan BUMI kita !!! SATU HATI SATU BUMI

Jumat, 31 Mei 2013

0 Sea Trial Kapal Geomarin III di Selat Sunda

Berdasarkan rencana kerja Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) tahun 2013, mulai akhir Maret 2013 akan memberangkatkan beberapa tim lapangan tahap pertama untuk melakukan berbagai penelitian di beberapa wilayah. Empat tim diantaranya menggunakan kapal riset Geomarin III, yaitu (1) penelitian Landas Kontinen di perairan Utara Papua, (2), Survei Migas Semai Misool Papua Barat, (3) Survei Pemetaan Sistematik di Perairan Misool dan Cendrawasih dan (4)) Survei Pemetaan Sistematik di Teluk Cenderawasih. Sedangkan lima tim lainnya merupakan penelitian tematik kawasan pantai, yaitu di perairan (1) Belitung, (2) Morotai, Maluku Utara, (3) Obi, Maluku, (4) Lemukutan, Kalimantan Barat dan (5) Raja Ampat, Papua Barat.

Guna lebih memastikan peralatan dan kapal dapat bekerja dengan baik pada waktu penelitian nanti, maka terlebih dahulu dilakukan pelayaran ujicoba peralatan dan kapal Geomarin III (sea trial). Uji coba peralatan pada wahana survei yang dimiliki P3GL ini merupakan rangkaian persiapan rencana pemetaan geologi kelautan yang dilaksanakan oleh Kelompok Program Penelitian dan Pengembangan P3GL di kawasan Indonesia Timur.

Pemetaan geologi bersistem yang akan dilaksanakan P3GL di kawasan Indonesia Timur dimanfaatkan untuk meningkatkan status dan tingkat pengetahuan cekungan hidro karbon, serta memetakan epikontinen dan laut dalam yang diduga berpotensi mengandung migas, mineral sulfida dasar laut dan metan hidrat. Oleh karena itu, para peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “Lemigas” juga turut dilibatkan untuk mengoptimalkan kualitas data pemetaan.

Kegiatan sea trial dengan kapal Geomarin III dimulai tanggal 11 Maret 2013 hingga empat hari berikutnya. Lokasi ujicoba peralatan (sea trial) survei di Selat Sunda. Peralatan yang akan diuji coba meliputi seismik multi channel, marine gravitymeter, navigasi, single beam bathymetry, sampling gravity corer dan multi corer, juga ADCP dan CTD. Seperangkat peralatan tersebut diintegrasikan dengan wahana Geomarin III untuk keperluan survei. (ER)

Sumber : ESDM

FeedLangganan Artikel Terbaru Belajar Geologi via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bertatakrama, SALAM GEOLOGI !!

 

BELAJAR GEOLOGI Copyright © 2013 - |- Template created by jametz - |- Powered by Engineering Geology

SELAMAT BERBAGI ILMU