Belajar tentang Geologi berarti mempelajari masa depan BUMI kita !!! SATU HATI SATU BUMI

Sabtu, 03 Desember 2011

2 Menggunakan kompas geologi

Pertama-tama, akan lebih baik kalau instruksi di bawah ini dibaca sambil memegang kompas geologi. Jadi langsung praktek gitu. Wah, harus pinjam dimana? Biasanya Fakultas Geografi , Fakultas Teknik Sipil dan Teknik Geologi punya alat ini. Kamu bisa request ke Pembina kebumian di sekolahmu untuk dihubungkan ke universitas di kotamu. Atau kalau uang jajanmu lebih, sekalian aja beli kompas geologi. Ini salah satu toko online yang jual kompas geologi… walaupun “agak” mahal sih, sekitar 5 juta rupiah, hehehe.
BELI KERUPUK DAPET BERAPA NTUH ????
hahahaah
Baiklah langsung saja, langkah awal yg harus kita lakukan adalah sbb :


Kompas geologi banyak macamnya, di antaranya tipe Azimuth dan tipe Kuadran. Tipe Azimuth punya skala dari 0-360°, sedangkan tipe Kuadran punya 4 kuadran yang masing-masing besarnya 90°. Kompas geologi yang biasa dipakai di Indonesia biasanya tipe Azimuth. Beginilah bentuk kompas geologi.





1.      1. Mengukur strike

Tempelkan sisi  E (east), geser-geser dan bersabarlah hingga gelembung udara Bull’s eye level  masuk ke dalam lingkaran, jgn langsung di otak-atik tapi tunggu hingga jarum kompas stabil (tidak bergerak lagi). Terakhir lihatlah sudut atau angka yg di tunjuk oleh jarum utara, dan tulislah sesuai petunjuk N __ ˚E

2.      Mengukur Dip

Tempelkan sisi W (west) badan kompas usahakan membentuk sudut 90˚ terhadap strike, clinometer level di putar-putar hingga gelembung udara berada di antara garis dalam clionometer di tengahnya, terakhir bacalah sudut dalam clinometer scale.

3.      2. Mengukur Plunge

Caranya sama seperti mengukur dip, namun karena kita mengukur struktur garis maka memerlukan bantuan buku, atau papan jalan untuk mempermudah, dgn cara menempelkan sisi buku di struktur garis dan melakukan pengukuran di sisi buku yang lain.

4.      3. Mengukur Trend

Caranya sama seperti mengukur strike, karena susah jadi memerlukan bantuan buku atau papan jalan untuk mempermudah. Caranya tempelkan sisi buku di struktur garis dan lakikan pengukuran di permukaan datar yg ada di buku atau papan jln tsb.

 4. Mengukur Pitch
 
Pertama buatlah garis strike di permukaan bidang, lalu langsung ukur derajat antara struktur garis dan strike menggunakan busur derajat.

FeedLangganan Artikel Terbaru Belajar Geologi via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

2 komentar:

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bertatakrama, SALAM GEOLOGI !!

 

BELAJAR GEOLOGI Copyright © 2013 - |- Template created by jametz - |- Powered by Engineering Geology

SELAMAT BERBAGI ILMU