Breaking

Ads by geologiterpan.blogspot.com

Wednesday, June 5, 2013

Pangea Rifting

Belajar dari Letusan vulkanik 200 Juta Tahun Lalu

Letusan terkait dengan Pangea break-up dua kali lipat tingkat karbon dioksida atmosfer.






Menggandakan Tingkat Atmospheric CO2 

Dua puluh ribu tahun letusan gunung berapi besar dua kali lipat tingkat karbon dioksida (CO2) di atmosfer Bumi 200 juta tahun lalu, menurut penelitian oleh Rutgers ahli geologi dipublikasikan dalam jurnal Science.

Morgan Schaller, Jim Wright dan melaporkan Dennis Kent bahwa tingkat CO2 di atmosfer pergi dari sekitar 2.000 bagian per juta menjadi 4.000 bagian per juta dan kemudian menyusut kembali ke tingkat pra-letusan selama 300.000 tahun ke depan. Ini berarti bahwa peristiwa skala ini memiliki potensi untuk cepat melipatgandakan konsentrasi CO2 di atmosfer bumi.

Pekerjaan mereka, yang didanai oleh hibah dari National Science Foundation, didasarkan pada pengukuran pada core yang diambil dari situs di timur laut New Jersey. Schaller adalah mahasiswa PhD, Wright dan seorang profesor Kent seorang profesor ilmu bumi dan planet di Rutgers 'School of Arts and Sciences.


Rifting dan Break-up Pangea 

Dua-ratus juta tahun yang lalu, super-benua yang disebut Pangea mulai pecah, membentuk celah yang membentang dari apa yang sekarang Nova Scotia ke Brasil. Serangkaian letusan gunung berapi yang sangat besar, yang disebut Atlantik Tengah magmatik Provinsi (CAMP), terjadi dan sekarang diawetkan batuan vulkanik tersebar di empat benua.


Memperkirakan CO2 dalam Suasana Kuno 

Rifting ini terbentuk danau cekungan, seperti Cekungan Newark di New Jersey, dan inti batu melalui sedimen danau kuno melestarikan lava dari letusan CAMP. Schaller mampu memperkirakan kadar karbon dioksida dari atmosfer menggunakan tanah kuno dari cekungan Rift Newark - tanah yang terbentuk sebelum dan sesudah setiap letusan. Menggunakan spektrometer massa, ia mengukur komposisi karbon isotop nodul karbonat yang terbentuk dalam tanah, yang sensitif terhadap konsentrasi CO2 di atmosfer bumi, dan direkonstruksi komposisi atmosfer kuno.

"Kau lihat ini letusan besar sepanjang sejarah Bumi," kata Schaller. "Tapi itu selalu jelas apa yang bisa mereka lakukan untuk atmosfer. Ternyata, mereka dapat melakukan banyak hal."

sumber : geology.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bertatakrama, SALAM GEOLOGI !!

Adbox